Wednesday, January 23, 2013

Oh Tetanggaku...


Alkisah, hiduplah sepasang suami istri muda bersama dengan seorang anak perempuan mereka yang masih balita di salah satu komplek perumahan kecil. Mereka hidup sederhana. Karena memang mereka berasal dari keluarga sederhana. Sebelum bisa membeli rumah di komplek tersebut, sepasang suami istri itu sempat mencicipi tinggal di rumah kos yang hanya sepetak. Pernah juga kontrak rumah. Lalu kemudian ada rejeki lebih dan mereka mampu membeli rumah sederhana di komplek. 

Sebelum akhirnya mereka menempati rumah baru itu, mereka sudah terlebih dahulu mempersiapkan rumah dengan sebaik²nya. Seperti memasang teralis dan juga kanopi. Agar nanti setelah menempati, tidak perlu repot lagi. Jadi lah mereka menabung sedikit demi sedikit sampai akhirnya mereka bisa memasang teralis n kanopi dengan sempurna. Alhamdulillah.

Pada suatu hari, tetangga rumah mereka yang tinggal di sebelah kanan berniat memasang kanopi. Ga ada berita apa², mereka hanya bisa melihat beberapa tukang yang berseliweran di depan rumah. Sampai pada akhirnya proses pemasangan kanopi selesai, barulah sang istri melihat ada keanehan. Sang istri melihat klo si tetangga memasang kanopinya dengan posisi lebih tinggi dari kanopi mereka. Dan selisih ketinggiannya disambungin sedemikian rupa sehingga air hujan yang jatuh ke kanopi si tetangga akan otomatis jatuh ke kanopi mereka.

Betapa sedih hati sang istri. Kemudian dia pun menceritakan hal itu ke suami. Tapi mereka tidak berbuat apa². Mungkin lebih tepatnya, tidak mau berbuat apa². Tapi tetap tidak bisa dipungkiri bahwa hati mereka sakit. Sedih. Kenapa mereka melakukan hal itu. Bukankah itu tidak benar? 

Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, bulan pun berganti tahun. Musim hujan tiba. Hujan deras dan disertai angin yang kencang. Akhir tahun yang seperti biasa disambut keluarga kecil itu dengan beberes rumah. Ngecat rumah. Tiba² terdengar suara berisik, kenceng, seperti ada benda yang terjatuh. Sang istri kaget. Dia pun segera berlari keluar, melihat situasi, dia mengira klo adiknya yang lagi ngecat di teras terjatuh dari tangga. Tapi ternyata apa? Dia melihat kanopi si tetangga itu terlepas. Mungkin terlepas dari besi penyangga nya, sampai menimbulkan bunyi berisik yang kenceng. Saat itu sang istri teringat, betapa dia sakit hati saat kanopi si tetangga terpasang. Sakit hati yang mungkin udah dia lupakan.

(cerita fiksi)


--Karma never forgets to do its job--

106 comments:

  1. Tuhan selalu membalas kebaikan dengan kebaikan dan sebaliknya, mampir baca2 ya salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yak betul! so lets start to do good things :)

      salam kenal juga ;)

      Delete
    2. salam kenal juga.

      *gak pakai jabat tangan

      Delete
    3. saya sudah kenal, tuh lihat di followers nya no 71 kan?

      Delete
    4. jiach... cipika cipiki.

      *wedi aku

      Delete
    5. @Cilembu : (ga enak bener manggilnya nih), widihhh welcome my new follower,, *tos*

      @mas Kstiawan : wedi yowes, ra sido :P

      Delete
    6. panggil 'aa' azh atuh biar mesra getoh...;o)

      Delete
    7. hai aa, apa kabarnya aa, sudah makankah aa malam ini?

      Delete
    8. 'aa' kalau cow. kalau cew 'ii' donk..:P

      Delete
    9. hai aa' cilembu (makin ga enak didenger) :D

      Delete
    10. haha susah ya..?
      dipanggil ci kaya cewe
      lem tar lengket
      bu apalagi..?

      Delete
    11. aa' lembu aja, pas kayaknya :))

      Delete
  2. fiksi ini sepertinya lahir dari pengalaman nyata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih tau ga yaaaa... hehehe... :P

      Delete
    2. woi sodara2ku semuah : orang baik sangat tidak nyaman kebaikannya diketahui orang lain... ko pada maksa seh...#sambil mlotot

      nengok ke tujuh bunga dan #mlototnya dua kali lebih gede....cerita itu keluargamu sendiri kan!!!hayo ngaku...cepaaaaatttt...:o)

      Delete
    3. kalian berenam di atas saya: buat pengakuan masing-masing!! nanti saya belakangan.

      Delete
    4. belakang mana bang? belakang layar ya...

      Delete
    5. huwaaaaaa,, saya dipaksa, saya ditekan, disudutkan! tolooonnggg!! #sarap

      Delete
    6. jadi orang jujur emang susah
      hahaha

      Delete
    7. #tarik mbak bunga, sembunyiin di kandang ayam saya.

      Delete
    8. jangan pasrah dong
      kalo mengalah sih boleh...

      Delete
  3. Allah tidak tidur.. langsung dibales di dunia perbuatan tetangganya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik dibales di dunia sih ya, jangan sampe dibalesnya di akhirat, naudzubillah :)

      Delete
    2. lempar panci,...balas kasih bubur, lempar gerobak balas kasih klepon...hahaha

      Delete
    3. lempar duit, bales kasih dompet...:P

      Delete
    4. @mb cii : haha, rugi dong orangnya, pancinya lebih mahal dari pada bubur, apalagi gerobak bisa dituker klepon sak kecamatan, wkwkwk

      @mas Kstiawan : yang bener >> lempar duit sekalian dompetnya, nanggung amat :))

      Delete
    5. amat aja gak nanggung.

      diriku ya gak mau nanggung amat. mending nanggung anak pak RW.

      Delete
    6. nah ketauan lagi ngincer anak pak RW

      Delete
    7. ya betul
      tuhan memang tidak tidur
      makanya aku suka begadang

      Delete
    8. kalau ngurus surat biar gampang..wuakakaka

      Delete
    9. @mas Rawins : ga nurut kata bang haji nih, begadang klo ada perlunya

      @mas Kstiawan : biar bebas dari iuran kampung paling?? hayo ngaku..!!

      Delete
    10. ya kan perlunya nemenin tuhan yg ga suka tidur...

      Delete
    11. klo yang suka tidur siapa yang nemenin dong?

      Delete
  4. aku ga ngerti kak kanopi itu apa x_x hehe.. tp emg bener ya karma itu berlaku.. makanya yg baik2 perlakuan kita sama orang insyaallah dibls baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaahhh kamu ga gaol sekali sampe gatau kanopi itu apa, wkwkwk,,,, kanopi itu yang biasa dipasang depan rumah itu lho, biar ga kena panas n ujan, ngerti? :P

      mari berbuat baik terhadap sesama makhluk! *benerin peci* #eh :)

      Delete
    2. OOh kanopi itu yg dipasang didpn rmh, tp harusnya dikira2 dulu ya jgn asal jadi aja kasian tetangganya, Maklum kak ga pernah ngurus rmh nih jd ga tau :p hehehe..

      Delete
    3. kanopi itu "kopi" dapet sisipan "an".
      tumben bahasa indonesia ada sisipan "an", karena di Indonesia apa saja bisa terjadi. jadi di atas itu mau cerita soal kopi. foto kopi tepatnya.

      Delete
    4. sama foto panci bagusan mana?

      Delete
    5. @mas Zach : hwahahahaha, jiaaannn rusuh tenan,,

      @mas Kstiawan : panci dibawa2 mulu nih, kleponnya dong sekalian,, wkwk

      Delete
    6. @Ruslan : kenalan dulu sana ama si kanopi, hahaha

      Delete
    7. ooo kirain kanopi istrinya karudi...

      Delete
    8. itu kanopi kenapa jadi kopi deh jauh bener.. hahaha..

      Delete
    9. kang zach: si sipan mah mamang 'bakso granat' langgananku

      Delete
    10. Asem nih yang komen pada ngawur semua.
      Kanopi aja nggak tau?
      Ahh ndesoo.

      #bisikin mbak bunga, "bentuk kanopi itu yang kayak gimana ya mbak?, soalnya di kampungku nggak ada namanya kanopi, mas opi baru ada"

      Delete
    11. emang tuh pada ngawur semua, si Ruslan ampe bingung, hahaha

      Delete
    12. ga boleh ngawur ya..?
      pulang ah...
      *mutung

      Delete
    13. Ini mbaknya juga ikutan ngawur. :D

      oya, mutung itu kalau bahasa sumbawa artinya sisa kerak nasi yang di panci.
      Berarti mutung kesarung = sisa kerak nasi masukin sarung.

      Delete
    14. hahaha, artikan sesuka hatimu lah dek

      Delete
  5. betapa sedihnya tuh orang yang punya kanopi. harus mengeluarkan biaya lagi untuk pasang kanopi lagi.

    *turut berduka

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebentar.. ta' pikirkan dulu aku harus ikut sedih apa nggak

      Delete
    2. @mas Kstiawan : tabur bunga ga sekalian? :D

      @mas budy : hahaha, istikharoh sekalian piye? tak enteni wes :D

      Delete
    3. bunga deposit apa bunga desa?

      Delete
    4. gawat nih, sudah mulai bercinta cintaan

      Delete
    5. daripada masih main gaplek, kan gak lucu aa.
      usia udah kepala 4 masih main gaplek.

      Delete
    6. bunga tujuh rupa mahal harganya mas Rawins :P

      yaudah gih aa cilembu maen gaplek aja ama khaerul, sesama usia kepala 4 #ngacirr

      Delete
  6. semakin tinggi pohon maka akan semankin keras angin yang menerpanya, begitu juga kanopi.

    #Loh, maksudnya apaan ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,, bener juga ya ternyata, peribahasa itu cocok buat pemasangan kanopi. camkan! :P

      Delete
    2. tapi kan ga sebau angin dari bawah..

      Delete
    3. Hehehe, apalagi musim hujan yang ditambahin angin badai, wah ini mah musibah bagi kanopi yang tinggi- apalagi bagi orang dengan badan tinggi dan kerempeng.
      Nahlo,
      Untungnya mbak bukan termasuk tinker.
      Hehehe.

      kembali ke topik,
      Begitu juga dengan cita-cita dan rencana, makin tinggi ia maka rintangan dan cobaannya akan makin berat, [sok filosofis banget, udah serasa kayak socrates]

      Delete
    4. @mas Rawins : lah klo orang yang ngeluarin "angin dari bawah" nongkrong diatas kanopi, hayoo??

      @khaerul : ihh sok tau deh kamu, emang tau aku ga tinker? :P

      iya pokoknya iyaaa, ngalah ama yang tua mah, karepmu wes :D

      Delete
  7. kanopi itu bisa jadi bahasa alay yaaa kenapa(kanopi) :D maaf keluar topik, mencoba melawak..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk,, lucu kok lucuuu *straightface*

      Delete
    2. ha ha ha ha, saya gak ikutan, itu bahasa yang tidak di ridoi sama KBBI.
      Takut kualat ama tetangga.
      (ralat bukan tetangga tapi sumpah pemuda)

      Delete
  8. pelajaran bagus. banyak memang buah interaksi di luar sana yang menimbulkan riak-riak dalam pergaulan. kadang menggelikan, menyebalkan, bahkan menyakitkan. kalo saya, cuekin aja, ntar lama2 juga ada balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas Zach : mereka kan ceritanya nyuekin juga tuh, tapi klo rasa sakit hati yang muncul kan uncontrolable, manusiawi, dan ternyata benar, semua ada balasannya :P

      @mas Kstiawan : bbm dong, jaman sekarang masih pake sms? jadul!

      Delete
    2. bbm disini mahal
      bensin seliter 8 ribu solar 10 ribu...

      Delete
    3. komentar dan jawabannya sungguh sangat "nehnik"
      uncontrolabel = labelnya ngga kekontrol kan?

      Delete
    4. Kalau menurut saya, sebenarnya disinilah letak keutamaan silaturrahim dan gotong royong, karena dengan begitu maka komunikasi sosial antar "jiran" itu akan terjaga dengan baik, keharmonisan berjiran itu akan menjadi keindahan yang gak ada duanya.

      Siapakah yang pertama akan menolong kita saat kita kesusahan?
      Paling cepat ya tetangga. Benar kan?
      Apalagi luarga jauuuhhh, beda kota. Yang utama ya tetangga.
      Makanya islam sangat mengutamakan berbuat baik kepada tetangga.

      Akhir kata : "Tetangga adalah keluarga terdekat"

      Delete
    5. @mas Rawins : wih mahal bener, di pelosok mana sih kamu mas? *ngece*

      @aa cilembu : sok atuh dikontrol aja labelnya, serahkan pada senior, wkwk

      @khaerul : iye pak iyeee, nih bocah masih kecil tapi tua aja mikirnya, heran deh! banyak bergaul ama ayam sih, wkwk

      Delete
    6. itu isi khutbah idul fitri kemaren yang sempat juga saya post di sini.

      Apa coba hubungannya mikir dewasa sama ngurus ayam??

      Delete
    7. ya siapa tau ayam bisa membuat kita jadi berpikir lebih dewasa dari pada umur kita -__-

      Delete
  9. beneran fiksi nih kak?
    artinya ini, mesti selalu baik sangka pd Allah ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dek, bener ini fiksi bukan faksin..

      *cepet kabur

      Delete
    2. @Leni : iya fiksi but based on true story :D

      @mas Kstiawan : kok aku ga dipanggil dek sih? huh!

      Delete
    3. true story nya bagian mn kak?
      :)
      eh, ad yg mau dipanggil dek jg. haha

      Delete
    4. true story nya ada di bagian paling akhir yang ditulis italic ;)

      Delete
  10. biar fiksi tapi menarik juga..

    ReplyDelete
  11. memang susah jadi orang kota
    ga bisa selegawa orang kampung
    ga pernah komplen ke tetangga walaupun tiap hari kudu nyapuin halaman yang penuh daun jatuh dari pohon di pekarangan sebelah
    *yang penting kalo berbuah dikasih gratis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampung mah adem ayem aja kang, di depan rumah saya ada pohon nangka jadi pembatas halaman, buahnya banyak, pas udah ada wangi-wangi buah nangka mateng di pohon, tinggal siepin parang aja. Petik lalu kita jagal dan bagikan ke semua tetangga.

      Lebih enak daripada ngumpetin dan makan sendiri.

      Delete
    2. @mas Rawins : haiyah.. klo itu mah aku juga mau :P

      @khaerul : lagian susah kali ngumpetin nangka, gede gitu :P

      Delete
    3. hahaha, mendingan kalau mangga ya, kecil, jadi bisa di umpetin.

      Delete
    4. aduh gatau deh, ga pernah ngumpetin gituan sih, wkwk :P

      Delete
  12. sangat menginspirasi :D



    Cheers

    YULIA RAHMAWATI

    ReplyDelete
  13. oh teganya-tganya ,teganya dirimu padaku...itulah hidup sob ,oleh karna itu hidup harus berilmu jadi tau apa hak dan kewajban terhadap tetangga...betul..betull..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak ustadz! yuk ahh cari ilmu, hihihi

      #salimdulu

      Delete
  14. haha, jadi teringet sama kata-kata "biar Tuhan yang membalas".. hehe
    Akhirnya tetangga yang "culas" itu kena batunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,begitulah hukum alam berjalan *apadeh*

      btw, udah lama ga denger kata culas, perasaan terakhir pas SD deh, wkwkwk

      Delete
  15. Replies
    1. hahaha, ini cerita buat pelajaran kita semua, malah dikatain curcol ~_~

      Delete