Kuliner Palopo

Gule Ulu Bale
Hari pertama di Palopo, gw dan temen² diajak makan siang di RM. ULU BALE, yang artinya Kepala Ikan. Disitu menyediakan olahan kepala ikan. Menu andalan yang paling sering dipesan adalah Gule Ulu Bale dan Sup Ulu Bale. Gw pesen Sup nya karena gw ga terlalu suka dengan makanan kental bersantan. Jujur itu pertama kali nya gw makan kepala ikan. Kebayang repotnya makan kepala ikan, mesti ngegerogotin segala, arrgghh!! Tapi ternyata setelah pesanan dateng, gw liat gede aja tuh kepala ikan, dan masih banyak daging yang bisa dimakan pake sendok, ga perlu repot ngegerogotin pake tangan. hihihi dasar gw pemales ya! Rasanya?? kata Pak Bondan sih, maknyuuss tenan!! kepala ikannya seger, ga amis, kuahnya juga segeeerrr. Seporsi Sup/Gule Ulu Bale cuma 35rb aja.

Kapurung
Gw juga nyobain makanan khas disana yang namanya Kapurung, terbuat dari sagu yang hampir mirip dengan Papeda. Hanya saja Kapurung sudah disajikan dalam bentuk bulatan kecil sehingga ga repot pas mau makan. Kapurung ini disajikan dengan sayur bayam dan kuah ikan. Aroma kuah ikannya begitu kuat. Buat gw sih rasanya aneh, mungkin karena itu kali pertama buat gw ya, hehehe... Konon, orang pendatang yang masih single kemudian memakan Kapurung ini, akan mendapat jodoh orang lokal dan menetap disana. Ayo ayo buat yang mau cari jodoh, mungkin bisa coba makan Kapurung ya, hahaha... Harga seporsi Kapurung ini cuma 15rb saja. Disajikan dalam mangkok besar, bisa dimakan untuk 2-3 orang. Murah kan? :)

Dange
Selain Kapurung dan Ulu Bale tadi, ada juga makanan pendamping yang namanya Dange'. Ini terbuat dari sagu juga tapi bentuknya lembaran tipis putih gitu. Rasanya hambar dan kenyal. Cara makannya bisa dicocol ke kuah gule, atau bisa juga langsung dimakan gitu aja. Harganya juga sangat murah, cuma 3rb saja sepiring. Itulah pemirsa menu makan siang pertama gw di Palopo. 

Nah sorenya setelah pulang kerja, temen² dari Palopo mengajak kami untuk makan malam di suatu tempat yang mereka sebut "Cafe Paris", entah apa maksud dan artinya, gw juga ga nanya :D. Tempat makan itu terletak di pinggir pantai, berjejer memanjang sepanjang jalan. Pas baru sampe di area makan, gw sempet kaget dengan suara musik yang kenceng, setelah bertanya ke temen, ternyata gw baru tau klo suara musik itu adalah karaoke yang disediakan oleh beberapa warung makan. Jangan bayangin karaoke nya semacam Inul ato Nav ya, tempat karaoke disana itu pake layar tancep! iyaa layar tancep! *ngakak sambil koprol*. Menu makanan di cafe² itu sama aja kaya tempat makan lain, menyediakan segala macam olahan seafood, rasa dan menu sih standar, hanya saja suasana di pinggir pantai itu yang bikin seru. Bisa haha hihi bareng temen, sesekali ngakak denger suara nyanyian orang yang aduuhh...klo ga tahan bisa bikin ilang nafsu makan. Wkwk..!! Untuk masalah harga juga standar sih, ga terlalu mahal. 

Selesai makan malem, rupanya temen² belum puas ngajak kami menikmati suasana malam di Palopo, mereka pun ngajak kami nongkrong di warung yang menyediakan minuman khas Palopo, yaitu Sarabba. Minuman ini hampir mirip wedang ronde, hanya saja tanpa isi ini itu. Terbuat dari minuman jahe, dengan gula merah dan campuran santan. Klo menurut gw sih kaya kuah kolak, cuma ini aroma hangat jahenya jauh lebih terasa. Enak! Suka! Dan gw langsung jatuh cinta sama minuman ini. Harga segelas Sarabba original cuma 3500, dan Sarabba susu 5000. Murah lagi kan??? ;) Foto Sarabba ga bisa gw tampilkan disini karena malem itu kita udah asik ketawa ketiwi doang, lupa ga sempet motoin si Sarabba :(

Comments

Popular posts from this blog

Jalan-jalan ke Phuket

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Kamu Inspirasiku : Trinity (The Naked Traveler)

For my very first time ke Tanah Sulawesi....

Resensi Novel : 99 Cahaya di Langit Eropa

Oh Tetanggaku...

Traveling ke Palopo

Bekpeking Pertama Kali

100 Blogger Nobar IMB (Part II)