Tuesday, January 15, 2013

Kawasan Hutan Mangrove

Beberapa kali mengunjungi Bali, saya selalu absen ke tempat wisata yang itu² aja, Pantai Kuta, Pantai Padang-padang, Tanah Lot, Bedugul, ga pernah lupa saya kunjungi setiap kali saya mengunjungi Bali. Akan tetapi awal tahun 2012 lalu, ketika saya mengunjungi Bali bersama 3 teman kantor, baru lah saya tau bahwa ada tempat yang bagus di Bali. Bukan pantai seperti yang udah begitu melekat dengan Bali. Tapi sih tetep, ga jauh² juga dari pantai. Tempat itu adalah Kawasan Hutan Mangrove!

Hutan Mangrove atau yang biasa disebut dengan Hutan Bakau merupakan hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Nah, ketika liburan awal tahun lalu, Mas Andi teman saya di Bali (yang udah seperti kakak saya sendiri), mengajak kami mengunjungi Kawasan Hutan Mangrove yang terletak di jalan By Pass Ngurah Rai. Dia begitu berani mempromosikan ke saya tentang tempat tersebut. Dia bilang tempatnya keren, bagus buat foto², bahkan sering dijadikan lokasi buat foto prewedding. Hmm boleh juga kayaknya. 


Akhirnya pagi² sebelum memulai acara jalan² kami ke berbagai tujuan wisata, kami pun mampir sebentar ke Kawasan Hutan Mangrove. Kawasan ini sangat besar dan luas. Begitu memasuki lokasi, kami disuguhi dengan jalanan panjang seperti jembatan yang terbuat dari kayu sederhana. Pemandangan kanan kiri jembatan dipenuhi dengan tumbuhan bakau. Di beberapa titik terdapat seperti tempat untuk beristirahat. Ada juga menara pantau yang bisa kita gunakan untuk beristirahat sekaligus menikmati keindahan alam Hutan Mangrove dari atas menara.

Saya sempat merasakan bosan ketika baru mulai jalan beberapa meter memasuki Kawasan Hutan Mangrove. Tapi begitu sampai di pondok peristirahatan dan menara pantau, wuihh indah bener! Terbukti benar promosi dari Mas Andi. Saya yang tadinya mau ngomelin Mas Andi karena udah ngajak kami ke tempat itu jadi malah berbalik berterima kasih. Abisan keren bener tempatnya. Hehehe...


Pas kebetulan pula di pondok peristirahatan yang sekaligus menara pantau itu sedang digunakan satu pasangan untuk foto prewedding. Sumpah keren! Bahkan calon pengantin laki-laki nya sempet bantuin moto kami berlima lho. Kayaknya dia kasian sama Mas Andi yang sibuk motoin saya dan ketiga teman saya, sedangkan dia sendiri ga ikutan foto. Hehehe...

Bagi yang suka fotografi sih, sangat saya sarankan untuk main kesana. Buktikan sendiri ke-keren-an Kawasan Hutan Mangrove di Denpasar, Bali. Tempatnya juga lumayan sepi, jadi proses foto²an aman, ga banyak gangguan dari manusia lain. Hahaha... *jahat*

Pengen kesana lagi... *ngacir browsing tiket*

:D


46 comments:

  1. oalah jauh-jauh di bali, wong di pucuk kendal, ngebum yo namanya?, saja ada koq. apalagi di semarang pojokan tanjung mas itu,banyak hutan bakau. kalau tembakau, harus ke kejajar wonosobo. kalau mau alas roban, yo di batang. halahh embuh, tak mulihh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh kok ngerti ngebum to mas? aku aja lupa ik, maap ya bukan orang kendal lagi, udah jadi orang Jakarta, wkwkwk,,

      wes kono ndang muleh,, hus huusss,,, hihihi :P

      Delete
    2. Wah ini sudah pernah ditulis dengan apik oleh Mba Covalimawati. Saya juga sudah pernah ke sini saat berkunjung ke Bali. Itu bangunan yang ada di tengah hutan Mangrove ya. Bisa liat dikejauhan dari ketinggian bangunan tersebut. Ah jadi kangen ke Bali lagi rasanya hihihihihihi

      Delete
    3. iya, mba covalimawati saya ngasih tau tentang lokasi itu lho :D

      bener banget, bangunan menara pantau yg ada di tengah, yang paling gede, sama mas, saya juga jadi kangeeeeeenn Bali :(

      Delete
    4. apa2an nih namaku disebut2 :P

      ke bali lg yuuuuuuuks... ^^

      Delete
    5. kang Asep, kalau mau liburan ke Bali lagi jangan lupa mampir di tempat saya ya..hehehe
      asal jangan ngajak saya dugem aja..xixixi

      *sambil nyengir

      Delete
    6. hahaha,,, kok saya ga ditawarin mampir mas? takut diajakin dugem? :P

      Delete
    7. jangan lupa kalo pada ke bali ya, mampir di bogor, di tempat saya. monggo lho..

      Delete
    8. mo ngajak dugem nih? ga takut nyasar? wkwk :P

      Delete
    9. @mas Zach : emooohhh,, mampir pun paling ditinggalin rapat,,, wong sibuk gitu :P

      @cova : kan kita udah pernah liat lokasi nya bo? moso masih nyasar sik, wkwk

      Delete
  2. hijau nya itu lho.....
    kak, di tempat Leni banyak hutan mangrove.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di PKu ya neng? kapan ya bisa maen kesana, klo ada kesempatan kesana mampirnya ke tempat Leni aja ya? :D

      Delete
  3. ikuuuut.. anterin tiketnya ke sini ya kalo dah dapet :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... nganterin tiketnya butuh tiket lagi dong mbak :P

      Delete
  4. kok fotonya viewnya cuma dikit mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya nih, maklum waktu kesana cuma pake kamera handphone, jadi lebih menonjol narsisnya ketimbang motoin view nya *tepokjidat

      Delete
  5. Bali, pasti tempat yang indah dan nyaman. ho oh.,untung ada yang bantu fotoin sehingga semua bisa kejepret...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat yang indah dan nyaman, tapi tiketnya selalu mahal, itulah Bali *sebel

      Delete
  6. hutannya hijau
    menghapuskan rasa galau

    indah ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, hutan hijau cocok buat yang sering galau dong ya, :P

      Delete
  7. sepertinya memang keren juga tempatnya nih, Kapan kapan saya perlu ke sana buat poto poto untuk kenangan..hehe
    Oke deh terima kasih, postingan menarik yg sangat menginspirasikan saya untuk coba kesana
    Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  8. Kereeeen. Aku suka banget dengan suasananya tuh, terasa damai baget deh. Tapi sayang tempatnya jauh dari tempatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi deket di hati.. :P

      *sambil kabur..

      Delete
    2. @Arra : ga gitu jauh kok, cuma 1,5jam pake pesawat, hihihi...

      @Kstiawan : yang deket di hati mas Kstiawan maksudnya? hahaha :P

      Delete
  9. jujur sejujurnya aku belum kesitu dan baru kali ini kesini :D buat kenalan dan follow blog...hehe folback yaaa ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sekalian minta akun facebook dan twitter ?

      Delete
    2. @Wammy : boong dikit juga gapapa kali mas :P,, follback berhasil ya, salam kenal! :D

      @Kstiawan : klopun minta ga bakalan dikasih mas, wong saya ga punya facebook n twitter :P

      Delete
  10. betul sekali kawan. tempatnya sejuk dan indah, apalagi buat foto-foto..hehehe. tapi masih banyak wisatawan yang belum tahu tempat itu.

    terimakasih infonya kawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh eh si mas nya ini stay di Bali ya? saya juga tau karena dikasih tau temen sih, dia suka maen kesitu buat cari obyek foto :D

      makasih ya mas udah mampir ;)

      Delete
  11. Saya malah belum pernah ke Bali (T_T)/

    Jadi dapat referensi bagus nanti kalau kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaaaahhh mbak kemana aja?? moso udah 2013 belum pernah ke Bali,, hihihi,,, becanda ya mbak :D

      iya, wajib tuh ke mangrove, masuknya gretong klo pagi2, belum ada yang jaga :D

      Delete
  12. Replies
    1. beeeeeeeeeeeennnnnnnnn,,,,,,,,,,, #saduki :P

      Delete
  13. pengen ke bali lagi?? *korek kantong :D .

    ReplyDelete
  14. enak kaya nya tempatnya.. tapi sayua denger disana banyak turis yang tidak memakai busana lengkap ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di Kawasan Hutan Mangrove ga ada kok, klo di pantai ya begitu lah, hehehe

      Delete
  15. oiya ketinggalan.. udah ta follow dr dulu ^__^
    makasih ya.

    ReplyDelete
  16. kalo, mslah hutaN MANGROVE SIH da ada yg klhkan di kampungq,.. hehehe

    ReplyDelete
  17. Wah-wah masih lanjut aja travelingnya..
    Dibuat acara kayak jejak petualang bisa kali ya^^

    ReplyDelete
  18. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete