Tuesday, December 4, 2012

Nyebur di Latuppa


Latuppa
Pasti belum pernah denger nama Latuppa? Itu adalah nama air terjun yang terletak di kelurahan Latuppa, Kecamatan Wara, kota Palopo, Sulawesi Selatan. Salah satu tempat tujuan wisata di kota tersebut. Air terjun ini mempunyai 3 tingkatan, dan berada di kawasan perkebunan kakao. Tempat wisata ini dikelola oleh Pemda setempat. Dan harga tiket masuknya bikin gw melongo, cukup Rp. 500,- saja! Asik kan? Akses menuju kesana tidak terlalu susah, jaraknya dari pusat kota Palopo hanya sekitar 9km atau sekitar 10 menit ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, atau bisa juga menyewa jasa ojek maupun pete-pete (sejenis angkutan umum seperti mikrolet). Namun, dari tempat parkir kendaraan, kita masih harus berjalan kaki menuju air terjun tersebut.

 Memasuki daerah perkebunan yang sepi (menurut gw sih lebih cocok hutan :D) dan tidak berapa lama kita akan bisa menjumpai air terjun tingkat pertama. Karena waktu gw kesana pas hari Minggu, jadi lumayan rame, banyak pemuda pemudi yang lagi pada asik mandi di kawasan air terjun nya. Agak bete sih, jadi ga bisa ngapa²in. Teman kita Munawir (biasanya kita panggil Awie') yang tinggal di Palopo, ngajak kita untuk naik ke puncak berikutnya yang katanya lebih sepi dibanding air terjun tingkat pertama. Excited dong dengernya! Begitu mulai ngikutin dia yang makin masuk ke dalam area perkebunan, makin susah jalannya, karena kita harus menyusuri jalan bebatuan di aliran sungai nya. Makin lama makin menanjak, makin terjal, licin, huff..!! Kecapekan jalan, kita pun beristirahat sebentar sambil main air yang bening banget. Dingin, segar, dan benar² masih alami. Dalam hati gw mikir, klo di Jakarta ini udah jadi apaan yak :D. Puas main air di air terjun tingkat kedua, kita pun masih penasaran dengan tingkat tertinggi nya. 

Latuppa tingkat pertama
Akhirnya dengan perjuangan yang panjang (ini asli ga lebay), kita pun sampe di air terjun tingkat tertinggi. Kenapa gw bilang ga lebay? ya karena memang akses keatasnya susaaaahh banget. Mesti jalan pelan², gandengan ama teman lain klo perlu, biar lo ga sampe kepleset. Karena kita tuh harus loncat dari batu satu ke batu yang lain dimana batu² itu ada di aliran sungai nya. Batu yang licin karena berlumut, basah karena ada aliran air sungai, plus batu yang bergoyang karena posisi nya yang ga kuat. Bisa kebayang? Gw aja sampe lepas sendal alias nyeker!

Sampe di air terjun teratas, emang bener sepi. Gw cuma liat sekelompok pemuda ABG yang unyu². Mereka lagi asik ngemil setelah puas nyebur di air terjun. Nah giliran kita nih yang nyebur. Ihiiirr...!! 3 temen gw yang duluan nyebur, ga pake lama, langsung lepas celana and byuuurrr...!!! Jujur gw masih rada parno sama hewan² apa yang ada di dalam air nya, tapi melihat usaha gw yang ga mudah buat sampe keatas, akhirnya gw nekat juga nyebur. Asiiikk....!!! Si Awie, kita kasih tugas jeprat jepret aja dari atas bebatuan :p

Nyebur di tingkat ketiga

Serunya nge-Bolang di alam.



9 comments:

  1. Wah, kayaknya masih asri tuh mbak? Sayang jauh banget, aku di Jawa Air terjunnya di Sulawesi...salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener memang masih alami, jalan-jalan dong ke luar jawa, Indonesia itu cakep lho! Hehehe... Salam kenal juga ;)

      Delete
  2. wah,mantap,. kapan2 aku nyebur disitu juga ah, salam kenal dari nak palu, followback yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rahmat.. Dari Palu ke Palopo cuma mo nyebur di Latuppa doang? Jempol deh :p Salam kenal juga ya ;)

      Udah follback ;)

      Delete
  3. andaiiii aku punya pintu kemana saja... kan kupastikan mengelilingi seluruh karunia alam di Bumi indonesiaaa.....

    #matabeloliatairterjunbagusbangetttt#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo pintu kemana aja sih aku juga mau :D

      Delete
  4. aku dari http://tommysyatriadi.blogspot.com trims sebelumnya udah di follow blog kamu udah aku follow juga kok

    ReplyDelete
  5. salam kenal mbak, bleh di di follw dong blok ku, keren banget ceritanya

    ReplyDelete