Monday, January 7, 2013

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Hayo siapa yang belum pernah ke TMII alias Taman Mini Indonesia Indah? Saya pertama kali ke TMII waktu masih keciill banget, masih TK mungkin. Waktu itu saya masih tinggal di Semarang. Nah setelah domisili saya pindah ke Jakarta, saya pun udah mengunjungi TMII sebanyak 3x. Dan ketiga²nya karena ketidaksengajaan, yaitu karena saya harus mengantar saudara yang datang dari Surabaya. Kali kedua dan ketiga bertepatan dengan libur lebaran. Jadi bisa dibayangin ramenya seperti apa... huff... saking ramenya sampai kami pun ga bisa apa². Cuma bisa duduk lesehan di salah satu anjungan, trus ngemil segala macem bekal yang kami bawa. Thats all.

Baru kemaren itu lah saya bener² bisa menikmati TMII yang sesungguhnya. Lebay ya? hihihi... Tapi memang bener. Karena kemaren kami dateng pagi² di saat TMII masih sepi pengunjung. TMII ini buka mulai jam 07.00 s/d 21.00 WIB. Kami sampai di lokasi sekitar pukul 9 pagi. Cuaca agak mendung jadi enak buat berkeliling. Tiket masuk hanya Rp.9.000,-/orang (anak 3th keatas bayar penuh), dan Rp. 10.000,-/mobil. Murah banget ya? :D

Danau Miniatur Kepulauan

Saya sebenernya tidak secara sengaja berniat jalan-jalan ke TMII. Tetapi hanya mengantar saudara dari Surabaya (lagi). Kemaren kami hanya punya waktu sekitar 3jam untuk muter²in TMII karena jam 12 kami harus pulang dan bersiap² nganter saudara ke bandara karena jadwal penerbangan kembali ke Surabaya pukul 18.55 WIB

Di bagian tengah TMII terdapat danau yang membentuk miniatur kepulauan Indonesia. Lalu ada anjungan daerah, beberapa museum, kereta gantung, teater IMAX Keong Mas, teater Tanah Airku, dan juga ada miniatur monas. 

Begitu masuk ke lokasi, kami mampir ke anjungan Sumatra Barat, foto² bentar, trus lanjut ke anjungan NTT, trus lanjut lagi ke anjungan Sulawesi Selatan, ke anjungan mana lagi gitu, saya lupa deh, dan semua nya hanya untuk cari spot berfoto. *tepokjidat*
Di anjungan Sulawesi Selatan, saya menemukan halaman kosong yang lumayan luas dan berumput. Cakep deh. Tanpa pikir panjang, saya mengajak suami dan anak, juga adek buat gegulingan dan dlosoran di rumput dan lagi² kami pun berfoto ria bersama. Gapapa deh gatel² dikit. Hihihi...
Baru lah di Museum Transportasi kami semangat liat² pesawat Garuda Indonesia, helikopter SAR, dan kereta api Presiden RI. Tapi tetep sih, setelah liat², nampang di depan lokomotif kereta api dan...... berfoto! Hehehe... Begitu lah kira² sampai hujan mulai turun, dari rintik² sampai deras. Saya pun bingung menyelamatkan mainan baru saya. Akhirnya demi melindungi nya, saya pun membungkus mainan baru itu dengan kantong plastik supaya aman dari air hujan. Maklum lah mainan baru :D

Oya, untuk masuk ke Museum Transportasi ini dikenain biaya lagi lho, Rp. 2.000,-/orang, dan klo mau masuk ke pesawat Garuda Indonesia juga dikenain biaya tambahan Rp. 3.000,-/per orang.

Karena cuaca yang udah ga mendukung buat berkeliling lagi. Kami pun memutuskan untuk segera pulang. Begitulah secuil cerita jalan² singkat saya dan keluarga ke TMII sabtu pagi kemaren. Liburan murah, bagus, dan juga bisa menambah wawasan tentang Indonesia sekaligus membangkitkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air kita. Asik kan? Yuk, ke TMII... ;)

38 comments:

  1. Replies
    1. harus malam ini
      //lagunya siapa ya?

      hehe.. piss Mas Dodo..

      Delete
    2. hahaha, aku tau aku tauu,, itu lagunya mbak mayangsari kan? :p ketauan deh mas Zach ini angkatan tahun berapa :))))

      Delete
    3. yang pasti bukanangkatan bapaknya mayangsari, pak dalang gito

      Delete
    4. ahh yang bener nih?? coba mana liat ktp nya? hihihi

      Delete
  2. 'Hayo siapa yang belum pernah ke TMII alias Taman Mini Indonesia Indah?'
    *ngacungtangan
    do'ain juga bs ke sana kak....
    hsl dari mainan baru kakak, manakah dia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mainan barunya buat hiasan dinding. bukan fotonya yang buat hiasan, tapi mainannya itu. tobaaat.

      Delete
    2. @Leni : semoga bisa maen ke TMII ya, tiket masuk ke TMII nya sih murah, tapi tiket ke Jakarta nya yang mahal toh? :D Passion saya lebih ke foto portrait sih, jadi banyakan hasilnya foto narsis, jangan lah dipajang disini, kasian yang liat ntar, hahaha

      @mas Zach : hwahahahaha... ben yooohhhh... lha lebih membanggakan majang mainan nya ik dari pada hasil fotonya :p

      Delete
    3. saya dari lahir sampe sekarang belum pernah ke TMII. hukz hukz

      Delete
    4. aduhh,, kamu orang mana sih? ayo sini ke Jakarta tak anterin keliling TMII :D

      Delete
    5. biaya ditanggung yang nganter ya? dari rumah ke jakarta...

      kediri - jatim

      Delete
    6. wkwk,,, cari ojek sana,, tak bayarin klo udah sampe Jakarta :p

      Delete
    7. amiinnn
      yaah,,,, tak bisa lihat hasil mainan baru dunk kak...

      Delete
    8. lah, itu foto TMII nya kan hasil jepretan mainan baru, foto saya dan suami di postingan Pejuang Cinta III juga hasil jepretan mainan baru kok :D

      Delete
    9. bukannya malah mahal kak kalau naik ojek (-_-") mending buat saku aku aja...

      kan lebih murah naik kereta

      Delete
  3. jam segini koq ya belum tidur lho yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, yang komen juga aja lho :p
      Fiqa diajak ke rumah Dhimas, jadi bisa internet an di rumah bentar :D

      Delete
  4. saya pernah 1 minggu nginep di taman mini malah, Mbak. di penginapan yang namanya diambil dari nama wayang-wayang gitu. jaman SMA dulu.

    kemaren ke TMII, emang nggak hujan to Mbak? di bogor hampir seharian hujan kayak nggak abis2 tu air di angkasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ada mas penginapan di dalam TMII? yang saya tau kok cuma hotel santika ya, hihihi...

      lha itu ujan pas siang nya, jadi terpaksa pulang deh dari pada si Niknik kehujanan kan repot :D

      Delete
    2. Saya dulu sering ke TMII waktu masih kuliah dulu. Setiap mudik ke Bekasi, saya sempatkan mampir ke TMII biasanya sih ke paviliun Kalimantan Barat.

      Tapi sejak SMA saya sudah ke sini, ke TMII. Saya SMA sekitar taon 1989, dapat tugas bikin karya tulis, saya ambil propinsi JAMBI juga dari TMII

      Delete
    3. wihhh begitu dekat dengan TMII dong mas? Saya malah belum pernah tuh ke kedua paviliun itu, Kalbar n Jambi, soalnya luas bener, ga kelar klo keliling semua paviliun se-Indonesia :D

      Delete
  5. saya belum pernah ke TMII....:)
    meskipun dulu masa muda pernah malang melintang hidup dijakarta.
    tapi Insya-Allah....suatu saat nanti kesana sama anak dan istri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,, masa muda malang melintang di Jakarta, lha sekarang masa tua nya dimana mas Reo? ga melintang lagi to? hahaha *piss

      Delete
  6. aku dah ga kehitung hanya lewat aja sih itu juga bukan ketidaksengajaan tapi karena terpaksa harus lewat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwahahaha, kamu sih kerjaan nya emang wara wiri depan TMII? tukang ojek bukan? #kaburr

      Delete
  7. Bening bangetttt (selain tmii kelihatan indah)...

    hemmm, kameranya SLR ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hum.....
      hukz hukz

      belinya kemarin itu dapat satu lensa atau beberapa (gak ngerti nanya apa)

      Delete
    2. lah kok nangis kenapa? :p

      ya dapet satu lensa lah, klo mau lensa yang lebih bagus lagi ya tinggal beli lagi, yang harganya ampun deh, :D

      Delete
  8. sepi ya...,jd pengen nikmati TMII.., tp jauh tp akan jd dekat klo ongkos PP situ yg tanggung *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sepi karena datengnya kepagian, klo udah siang sih rameeee :D

      wkwk, naek ojek dari rumah kamu ke TMII kena berapa? itung deh :p *ojek lagi*

      Delete
  9. Heeii aku bukan tukang Ojeg ... aku jual minuman kemas .
    Any way nice info sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,,, bang minta pulpy dingin dong bang :p

      makasih kakak :D

      Delete
  10. saya udah pernah donk kesana :D , waktu masih imut dan mugil , mungkin umur 7tahun hahaha jadul amat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikk,, sekarang juga masih imut kok Miz Tia ;)

      Delete
  11. seumur-umur q baru 1 kali ketaman mini indonesia, waktu kelas 3 SD itupun dibayarin ortu:D
    sekarang udah gede mw ke Tmii masih belum ada uang lebih, lagi an malu mw minta dibayarin ortu hehe

    ReplyDelete