Monday, November 26, 2012

Wisata Budaya : Tana Toraja

Ke'te Kesu
Pertama kali tau gw bakal ada tugas ke Palopo, gw langsung cari info objek wisata apa aja yang deket ama tuh kota. Dan ternyata Tana Toraja termasuk salah satunya. Betapa senengnya gw bakal bisa jalan-jalan ke Tator. Serem?? ga tuh. Ngeri?? ga juga. Takut?? ga banget. Excited?? iya bangeeeetttt...!!! :D 

Hari itu, sabtu, 29 September 2012, gw ama 3 temen dari Jakarta (cowok semua), plus 1 temen (cowok juga) dari Palopo, berangkat ke Tana Toraja. Kami ber-6 (plus 1 orang sopir) berangkat dari Palopo pagi sekitar jam 8. Perjalanannya ternyata ga seindah bayangan gw, jalan super berkelok dan sampingnya jurang bikin kita deg²an sepanjang perjalanan. Bahkan satu temen gw jackpot! Yikes!! belum setengah perjalanan udah mabok, dan terpaksa kita berhenti di warung pinggir jalan. Setelah kurang lebih 3,5jam perjalanan, akhirnya kami pun sampai di Tana Toraja. Tujuan pertama kita adalah Ke'te Kesu. Di loket masuk kita diwajibkan untuk mengisi buku tamu, dan membayar (klo ga salah inget) cuma 20rb aja buat ber-6. Disitu kita sempet masuk ke dalam goa nya dianter 2 guide cilik. Suasana di dalam goa lembab, dingin, dan gelap. Banyak barang sesembahan di dalamnya, seperti makanan, minuman, baju, buku. Aura mistis terasa bener. Gw sempet dijelasin sama pak sopir, yang memang sering nganter tamu ke Tana Toraja, klo usia tulang² dan tengkorak yang ada disitu udah ratusan tahun. Mereka yang belum mampu secara finansial untuk mengadakan upacara bagi yang meninggal, maka mayatnya akan tetap tersimpan di rumah, dianggap masih hidup dan diperlakukan selayaknya orang hidup, dikasih makan dan digantiin pakaiannya.

Ke'te Kesu (lagi)



Selesai dari Ke'te Kesu, kita lanjut perjalanan menuju Londa. Hampir mirip dengan Ke'te Kesu sih sebenernya. Goa dan batu tempat meletakkan mayat gitu. Sayangnya waktu kita di Londa, hujan turun deres banget, jadi cuma singgah sebentar.  
Londa

Batu Kuburan di Londa

Tujuan ke-3 adalah Situs Purbakala Bori Parinding di kec. Sesean. Pak sopir sih waktu itu nyebutnya Menhir. Mungkin karena banyak bebatuan menhir kali ya :). Tempatnya agak jauh dari jalan raya utama, jalan sempit cuma cukup untuk 1 mobil, masuk melewati areal persawahan yang luas menghampar, hijau dan sedap dipandang. Sempet mikir kok jauh bener ya, awas aja klo ternyata tempatnya "gitu-gitu aja". Begitu sampe di lokasi ternyataaaaaaaaaa....ajegileeeee.... sumpah nih tempat keren. Tempat terakhir yang kita kunjungin tapi asli worthy abis! ga nyesel udah nunggu lama buat sampe kesini. Pas sampe disana udah sore, plus gerimis, jadi sepi. Tapi justru seru karena bisa puas foto² tanpa ada gangguan :D. Untuk masuk ke situs ini kita cuma bayar 20rb saja, lagi² untuk ber-6. Murah banget yak?!! Disitu terdapat bebatuan menhir keren, begitu naek keatas bebukitan, kita ketemu (lagi²) batu kuburan, sepanjang jalan kanan kiri isinya gituan semua. Hiiii.... Di bagian belakang kita juga ketemu dengan pohon besar buat naruh mayat bayi. Jadi klo bayi ditaruhnya bukan di batu besar, tetapi di pohon besar gitu. *merinding*

Situs Purbakala Bori Parinding (Menhir)

Kuburan Bayi

Batu Kuburan

Oya, disitu kita sempet ketemu sama bapak tua yang lagi bikin lobang kuburan di batu besar, dikerjakan secara manual, cuma pake palu gitu. Sempet ngobrol², dan ternyata bapak itu dibayar mahal lho buat bikin tuh kuburan batu. Mau tau berapa?? 26juta untuk 1 kuburan. Selesai pengerjaan kira² 1 tahun. Dan waktu kami kesitu si bapak udah 6bulan proses pengerjaan. Dia juga cerita klo uang yang dia dapat udah abis untuk biaya anaknya kuliah di Jakarta. Wah, pengorbanan seorang bapak ya. Semoga anaknya di Jakarta kuliah dengan rajin ya! :) Jadi 26juta untuk setahun termasuk mahal atau murah ya? :)


Begitulah secuil cerita gw waktu berkunjung ke Tana Toraja. Seru dan seru lah pokoknya. Semoga one day gw bisa kesana lagi. Kata orang, Tana Toraja itu adalah "Hidden Paradise". Bener banget. Tempat yang indah, pemandangan cantik, udara dingin dan segar plus objek wisata budaya yang keren abis. Gw bener² takjub dibuatnya. So guys, gausah jauh² traveling ke luar negeri, dalam negeri aja, Indonesia itu luas dan cantik lho. This place is just ONE of those beautiful places here in Indonesia. Our lovely Country :) 

Sekitar jam 5 sore akhirnya kami pun balik ke Palopo, karena klo udah malem jalanan berkabut dan jarak pandang yang pendek. Tidak lupa kami mampir beli oleh², kopi khas Toraja dan kain batik motif Toraja ♥♥ Cihuyy!!


3 comments:

  1. Replies
    1. Iya, mayan sering lah buat traveler pemula kaya gw :D

      Delete
  2. haha... sama persis kurang lebih yang kita kunjungi saat ke tonara. cuma saya belum lama ini Mbak.

    ReplyDelete