For my very first time ke Tanah Sulawesi....

Peta Sulawesi
Sekitar akhir bulan September 2012 lalu, gw dapet tugas dari kantor ke Sulawesi, tepatnya ke kota Palopo. Wow, dimana kah itu?? hahaha, bingung kan? bingung kan? Gw juga baru denger nama kota itu. Palopo adalah salah satu kota di Sulawesi Selatan, yang klo diliat di peta, dia terletak di pengkolan kaki huruf 'K'-nya, ihh ribet ya penjelasan gw?? liat sendiri deh di gambar peta, pasti ntar ngerti maksudnya, hahaha... *hopeless*. Beberapa hari sebelum hari keberangkatan, gw coba browsing tentang Palopo dan tentunya obyek wisata disana dan sekitarnya, ga ketinggalan gw juga cari tau kuliner apa aja yang bisa gw cicip disana. Tak disangka tak diduga *mulai lebay deh* gw nemu buanyaaakkk banget info tentang Palopo, dan lebih ga gw duga lagi, ternyata tuh tempat bagus, lautnya indah, dan kotanya pun rame. Berarti mah gw nya yang katrok yak -__-"

Tibalah hari keberangkatan gw,,, horeee.....!!! Deg²an campur excited pastinya, karena bakalan ke tempat yang baru pertama kali gw datengin. Mana gw baru tau klo Palopo itu ternyata masih jauh dari ibukota Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Makassar. Hari sebelumnya gw udah tanya² ke temen gw yang asalnya dari Makassar tapi kerja di Kalimantan, how to reach that city (Palopo) from Makassar. Nah gw ikutin lah tuh instruksi temen gw dengan cermat dan hati², hahaha...

Begitu mendarat di Sultan Hasanuddin International Airport, gw terkesan bener deh, tuh bandara keren, bersih, rapi, dan luas. Kata orang, first impression tuh dapet lah, bikin mood jadi enak buat nglanjutin perjalanan. Pas jalan keluar dari pesawat menuju tempat pengambilan bagasi, gw kaget tuh, rame bener wartawan nunggu sambil jeprat jepret bikin mata silau kena lampu blitz kamera, berasa artis aja gw, hahaha... Ternyata gw yang ke-GR-an cyinn, rupanya para wartawan itu motretin Dubes dari Rep. Ceko yang dateng kesitu entah dalam rangka apa. Langsung deh gw minggir ngasih jalan buat rombongan kedubes itu, tengsin bener yak! Wkwk... Sebenernya gw ada foto penampakan rombongan kedubes pas disambut pake tarian segala, tapi sayang gw lupa bawa kabel data buat transfer foto dari hape gw. Maap yaa... :P

Setelah beberapa saat gw liat tuh acara penyambutan yang lumayan rame, gw ama temen² keluar dari bandara dan disambut dengan banyaknya para penjemput dan juga para sopir taksi yang menawarkan jasa transportasi. Sumpah buanyakk bener sampe gw pusing mau milih yang mana, udah gitu ngejar mulu, desek²in kita gitu, ugghh!! Tapi tenang aja, mereka itu resmi dan ga perlu takut akan dikenain biaya transportasi tinggi, apalagi pake acara tawar menawar segala, karena mereka punya list jarak tempat yang akan kita tuju, jadi per 'kelas' tujuan itu harganya beda². Insya Allah aman deh.

Terpilihlah salah satu armada taksi dengan charge 75rb, dan meluncurlah kita ke MATOS alias Makassar Town Square, sesuai dengan instruksi temen gw, disitu kita bisa naik bis jurusan Palopo. Sekitar jam 21.00 WITA akhirnya bis kita capcuss ke Palopo. Armada yang kita pake waktu itu klo ga salah inget sih Alam Indah, bis nya enak cyinn, reclining seat 2-2, AC kenceng, pake selimut, wangi pulak, norak bener yak gw -__-". Harga tiket per orang waktu itu 100rb aja. Tergolong murah mengingat jaraknya yang jauh dan fasilitas bis yang bagus. Begitu naik bis, gw ama temen² bersiap bobo, udah pasang mp3 player, pake selimut rapet, coba buat merem, ehh ehh tau² si abang kondektur yang bertampang Glenn Fredly dan beraksen kayak nenek di iklan Mie Sedaap nyuruh kita pada turun, penumpang yang lain turun, sedangkan gw ama temen sebelah tetep aja bobo cantik, tiba² si abang kondektur teriak, dan parahnya entah apa yang dia ucap karena aksen yang cepet itu, gw ama temen ga ngerti tuh orang ngomong apaan, cuma ngira² aja klo si abang nyuruh kita turun karena tinggal kita berdua penumpang di dalam bis, langsung deh kita ngibrit turun, galak amat bang! Wkwk... 
Turun dari bis gw ama temen celingukan, ngapain yak kita disuruh turun di tempat ginian, kita udah mikir jelek aja tuh, jangan² ntar bis kabur, lah duit yang udah kita bayar?? tas kita?? huwaaaa..... *parno*
Ternyata pemirsa....!!!! kita cuma disuruh masuk ke terminal bis nya, bayar peron, n nungguin si bis tadi di dalem terminal. Laahhhh.... cuma suruh bayar peron terminal doang, 500 perak doang pemirsa...!!! Wkwk... ngenes ga tuh, lagi bobo² cantik cuma suruh jalan masuk terminal. Katanya emang kayak gitu lah kebijakan per-BIS-an disana, biar terminal nya "hidup". Lanjut deh perjalanan menuju Palopo.

Eh tapi btw nih, jalan darat dari Makassar ke Palopo itu ternyata bagus lho, ga ada yang namanya jalan rusak, jalanan muluuuss lusss kayak pantat bayi, wkwk *lebay lagi*. Sampe gw aja bisa pules tidur di bis. Dan yang lebih bikin gw kayang koprol adalah, sinyal blackberry cdma gw ada teruuuussss, karena kebetulan gw pake Smartfren, ternyata ga ada masalah, ON terus dah tuh blackberry! *wink*

Akhirnya setelah menempuh waktu sekitar 8jam, sampailah kita di Palopo....!!! Horeee....!!! Lanjut cerita tentang Palopo di post berikutnya yaa....


Comments

  1. Salam kenal Bang, Bang tanya, turunnya di pusat kota palopo nya ya? Di terminal pusat palopo kah ?
    Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jalan-jalan ke Phuket

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Kamu Inspirasiku : Trinity (The Naked Traveler)

Resensi Novel : 99 Cahaya di Langit Eropa

Oh Tetanggaku...

Kuliner Palopo

Traveling ke Palopo

Bekpeking Pertama Kali

100 Blogger Nobar IMB (Part II)